04 September 2014

Pesisir Selatan Bangun Jembatan Layang Hubungi Wisata

Painan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berupaya menambah daya tarik objek wisata unggulan di daerah tersebut. Rencana terbaru, adalah membangun jalan layang yang menghubungkan kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan dan Bukit Langkisau dengan Bukit Baliang-Baliang Painan Ke Air Terjun Timbulun Painan.

“Indah dan menarik, bila Bukit Langkisau dan Bukit Baliang-Baliang Painan yang selama ini terpisah oleh jalan negara itu kembali disatukan dengan pembangunan jalan layang, ” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Seni Kebudayaan dan Pariwisata Pesisir Selatan Gunawan di Painan, Minggu (24/8/2014).

Awalnya, Bukit Baliang-Baliang dan Bukit Langkisau merupakan satu kesatuan yang terletak di perbatasan Kota Painan dengan Kenagarian (Desa Adat) Salido Kecamatan IV Jurai, kabupaten setempat.

Namun pada zaman dahulu kedua bukit itu diputus untuk pembangunan jalan negara, sehingga kawasan tersebut dinamakan Bukit Putus oleh masyarakat hingga kini karena dipisahkan oleh jalan lintas barat Sumatera.

Sebelumnya, sejak beberapa tahun lalu, pemkab setempat juga telah membuka jalan di atas bukit tersebut mulai ujung Bukit Putus hingga kawasan objek wisata Air Terjun Timbulun Painan. Saat ini jalan tersebut membutuhkan peningkatan pembangunan pengerasan dan aspal hotmix.

Pembukaan jalan tersebut bertujuan dalam rangka mengembangkan pembangunan pariwisata di kabupaten setempat, khususnya di Kota Painan karena pusat kabupaten ini sangat berpotensi untuk pengembangan pariwisata.

Di pusat kabupaten ini (Kota Painan) terdapat tiga objek wisata yang jaraknya sangat dekat yakni di radius tiga kilometer dalam Kota Painan.

“Jalan dan jembatan ini nantinya akan menghubungkan tiga objek wisata sekaligus di Kota Painan yakni Pantai Carocok, Puncak Langkisau dan Air Terjun Timbulun. Selain itu, jalan ini nantinya juga dapat memberikan nuansa baru untuk menikmati keindahan Kota Painan dari ketinggian, ” katanya.

Sementara Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit mengatakan, pelaksanaan pembangunan jalan pariwisata ini merupakan perencanaan besar dalam rangka pengembangan objek wisata di kawasan Kota Painan oleh Pemkab Pesisir Selatan.

Khususnya sekitar Pantai Carocok Painan, pemkab juga telah membangun sejumlah fasilitas lainnya di sektor pariwisata secara bertahap dan sebagiannya telah dimulai seperti pembangunan areal parkir Pantai Carocok.

Kemudian untuk kelancaran arus transportasi darat ke dan dari Pantai Carocok, pemkab sudah membangun jalan lingkar dari Salido ke Pantai Carocok. Jalan tersebut dibangunan di kaki Bukit Langkisau atau di pinggir Pantai Salido.

“Jika selama ini keindahan Kota Painan hanya dapat disaksikan dari Puncak Langkisau, namun dengan selesainya pembangunan jalan layang dan jalan Bukit Putus-Air Terjun Timbulun maka wisatawan dapat menikmati keindahan Kota Painan dari ketinggian Bukit Baliang-Baliang,” katanya. (Ranah/zamrudtv)