30 Oktober 2014

Kabau Sirah akan Habis-habisan

Meski lebih diunggulkan, Persipura tetap harus mewaspadai semangat bertanding Persela di kandangnya sendiri. DUEL pamungkas Grup K babak delapan besar Indonesia Super League (ISL) antara Semen Padang dan Arema Cronus, hari ini, seperti laga final bagi kedua tim.

Betapa tidak? Laga yang digelar di Stadion Agus Salim itu akan menjadi penentu tim mana yang akan lolos ke babak semifinal ISL 2014. Dari tiga tim yang masih memperebutkan dua tiket babak empat besar, Semen Padang yang akan bertindak sebagai tuan rumah memang memiliki beban yang lebih berat. `Kabau Sirah' harus memenangi lagi itu jika ingin lolos.

Sebaliknya, Arema Cronus hanya perlu hasil seri untuk memastikan satu slot di semifinal. Di sisi lain, Persipura yang masih memiliki kans serupa hanya akan melawan tim juru kunci Persela Lamongan di laga terakhir. Dengan situasi tersebut, tidak ada pilihan lain memang bagi Semen Padang selain memaksakan poin penuh.Hal tersebut diakui sendiri oleh pelatih Semen Padang Jafri Sastra.

“Mau tidak mau, kita harus menang.Laga ini akan berlangsung ketat dan sarat gengsi pertandingan. Selain itu, kondisi pemain sekarang sudah seratus persen setelah dari Jayapura kemarin,“ ujar Jafri. Ia yakin anak-anak asuhnya bisa mengatasi tekanan, apalagi secara mental mereka sudah pulih setelah melalui perjalanan panjang pascatur ke Papua.

Persoalannya ialah Eka Ramdani dan kolega tidak punya catatan baik saat menjamu Arema. Dari tiga kali pertemuan musim ini, Semen Padang dipaksa dua kali tunduk dari Arema, termasuk saat berlaga di kandang sendiri pada April lalu. Itu sebabnya kubu Arema cukup percaya tinggi menghadapi laga itu. Apalagi mereka baru saja melumat Persela empat gol tanpa balas di laga sebelumnya.

Itu bisa menjadi bekal yang sempurna bagi tim berjuluk `Singo Edan' itu. Meski begitu, pelatih Arema Suharso menegaskan akan tetap menurunkan kekuatan penuh. Ia hanya tidak akan menurunkan penyerang Dendi Santoso lantaran masih terkena sanksi Komdis PSSI.

“Sekarang kami bisa membawa pemain terbaik, tapi kami punya peluang yang sama,“ kata Suharno.Relatif ringan Kontras dengan Semen Padang, peluang lolos Persipura Jayapura ke semifinal praktis lebih terbuka. Pasalnya, mereka akan menghadapi lawan yang di atas kertas kekuatannya ada di bawah mereka, yakni Persela Lamongan, meski laga nanti akan berlangsung di kandang Persela, Stadion Surajaya. Terbukti mereka hanya mampu bermain imbang dengan Arema dan kalah 1-2 dari Semen Padang.

Apalagi Boaz Solossa dan kawankawan tengah dalam motivasi tinggi setelah sukses meraih kemenangan di dua laga terakhir, yakni mengalahkan Arema dan Semen Padang di kandang sendiri. Tren menanjak itulah yang akan menjadi bekal meraih tiga poin dan lolos ke semifinal ISL musim ini.

Meski begitu, Persela juga tidak bisa di pandang sebelah mata. Mereka dipastikan juga bakal tampil habishabisan demi harga diri. Apalagi, laga itu berlangsung di hadapan para pendukung mereka sendiri. Pelatih Persela Eduard Tjong bahkan menegaskan timnya bakal memberikan kebahagiaan bagi suporter Persela, LA Mania, tetapi juga mencatat kemenangan. (R-4) Media Indonesia, 29/10/2014, Halaman : 27