04 Juli 2013

Lima Mobil Murah Siap Meluncur

Toyota Agya Mobil Murah
Pemerintah melalui Kementrian perindustrian telah meluncurkan kebijakan mobil murah atau dikenal LCGC. Soal harga, Mentri Perindustrian mengancar harga maksimal sekitar Rp95 juta. Kebijakan itu membuat lima produk mobil murah segera meluncur dijalanan.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyebutkan harga Rp 95 juta per unit belum termasuk Biaya Balik Nama, Pajak Kendaraan Bermotor, dan Pajak Daerah lainnya.


"Itu belum termasuk toleransi untuk penambahan teknologi transmisi otomatis 15% + toleransi untuk penambahahan fitur safety 10% air bag, Antilock Brake System dan lain-lain," katanya.

Lima mobil murah yang siap meluncur itu adalah, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Datsun dan Suzuki Wagon R G-II Concept.

Pabrikan Toyota, sudah siap dengan 3 type Agya, yakni Agya E (terendah), G (high grade) dan TRD-S. Masing-masing memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis. Dengan mesin 3 silinder 1.000 cc.

Presdir PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan menuturkan pihaknya sudah siap dengan mobil murah. Jika diluncurkan bulan Agustus pun, menurutnya Toyota sudah siap.

Sementara kembarannya, dari produk Daihatsu memproduksi Ayla. Ayla akan menggunakan mesin 3 silinder 1.000 cc 1KR-DE, sebuah mesin baru yang dikembangkan untuk masyarakat Indonesia.

Sementara pabrikan Jepang lainnya, Honda, mendaftarkan nama Brio Satya untuk line up mobil murahnya ke Kementerian Perindustrian.
Info menarik dengan program handal harga murah rental mobil Padang
HPM mendaftarkan nama tipe Honda Brio Satya DD1 mesin kapasitas 1.200 cc sebanyak 5 varian, yakni A (transmisi manual), E (transmisi manual dan otomatis), dan S (transmisi manual dan otomatis).

Sementara Nissan, menawarkan merek Datsun untuk mobil murahnya. Sekilas type Datsun mirip dengan Nissan March. Namun, belum diketahui, nama apa yang dilekatkan pada mobil murah Datsun ini. Datsun diancar dengan harga dibawah Rp100 juta.

Suzuki tidak mau tinggal diam untuk bermain di LCGC. Lewat produknya Suzuki Wagon R G-II Concept, Suzuki berharap bisa ikut main di pasar mobil murah. Prototype mobil ini sempat dipajang beberapa saat setelah pembukaan arena Pekan Raya Jakarta.

Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J Tuilan menyebutkan untuk urusan mobil murah, Suzuki baru akan mengumumkan lebih ditel kalau petunjuk teknis mengenai aturan mobil murah sudah dikeluarkan. Saat ini pihaknya masih belum berani membuka informasi mengenai mobil murahnya. (tim/zamrudtv.com) - Rental Mobil Padang Bukittinggi