02 September 2013

Pembongkaran Lapak PKL Pantai Purus Padang Ricuh

Rental Mobil Padang Bukittinggi - Pembongkaran lapak-lapak PKL di Pantai Purus Padang, Jumat pagi(30/8) berlangsung ricuh. Para pedagang memprotes lapak mereka dibongkar oleh Satpol PP Padang.

Menurut Koordinator Pedagang Pantai Purus Deri Derot, lahan yang ditempati para pedagang itu masih kosong. "Kenapa tempat kami harus dibongkar. Tolong beri kesempatan para PKL untuk mencari makan disini," ujar Deri.

Menurut Deri, SatPol PP tidak memberitahukan sebelumnya kepada pedagang tempat mereka akan dibongkar hari ini.

"Kami setuju lapak-lapak di sini dirapikan, namun bukan dibongkar. Jika kami salah, kami akan menuruti aturan. Namun pemerintah seharusnya memberikan solusi," ujar Deri.

Kepala Sat Pol PP Padang, Nasrul Sugana mengungkapkan, pihaknya telah berkali-kali memberitahu pedagang, mereka telah menyalahi Perda. "Satpol PP sudah menyurati para pedagang untuk membongkar tempat dagangannya. Namun sampai saat kami datang, para PKL tetap saja tidak membongkarnya," ujar Sugana.

Dari 10 tempat pedagang di Pantai Purus itu, petugas hanya membongkar tujuh lapak PKL. Tiga tempat lain, Satpol PP memberi waktu kepada pemilik untuk membongkarnya sendiri, karena tempat itu berisikan sepeda, makanan, dan minuman. Jika pedagang tidak juga membongkarnya seperti yang mereka janjikan, SatPol PP akan membongkarnya. (tim/zamrudtv.com)