05 November 2013

Kabupaten Agam Dilanda Longsor

Hujan Deras yang melanda Kabupaten Agam sejak Minggu (3/11/2013) pagi hingga malam hari menyebabkan longsor di beberapa titik di Kemacatan Lubuakbasung dan Kecamatan Ampeknagari. Akibatnya sejumlah ruas jalan tertutup material longsor dan jembatan mengalami kerusakan.

Di Sitanangkaciak dan Sarasah Kenagarian Sitanang. Kecamatan Ampeknagari terdapat 3 titik longsor yang menutupi jalan. Sehingga mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan tersebut lumpuh total.

Sedangkan di Sungaipua Jorong Balai Akad, Kenagarian Lubuakbasung, Kecamatan Lubukbasung, satu jembatan mengalami kerusakan dan tidak bisa dilalui mobil bermuatan. Karena volume air yang cukup tinggi dan meluap, menyebabkan bahu jembatan yang terbuat dari beton ambruk terkikir air.

"Hujan deras yang terjadi seharian pada hari Minggu membuat badan jalan di tiga titik ditimbun material longsor sepanjang 12 meter dengan ketinggian 1,5 meter, Minggu malam sekitar pukul 20:00 wib. Sedangkan satu jembatan mengalami kerusakan dan tidak bisa dilalui kendaraan yang bermuatan berat," Kasi Kedaruratan BPBD Agam, Asri Bujang, Senin 3 November 2013.

BPBD Agam yang dibantu Dinas PU Agam, Dinas Perhubungan dan Masyarakat, Senin (4/11/2013) sekitar 09:00 wib mulai membersihkan material longsor. Karena tingginya material longsor menggunakan alat berat untuk melakukan pengerukan. "Material longsor terdiri dari tanah, kayu dan batuan membuat kita kesulitan membersihkannya. Untuk mempercepat pembersihan kita menggunakan satu unit alat berat untuk mengangkat material longsor." katanya.

Sumber Media Cetak : Riau Pos, 5 November 2013, Halaman 9

Note: Tentunya jalur alternatif dapat digunakan oleh para pengemudi mobil rental yang beroperasi di Sumatra Barat serta pengemudi angkutan umum lainnya.