28 April 2014

Tujuh Partai Bakal Demo KPU Pasaman Barat

Rental Mobil Padang - Koalisi lintas partai di Kabupaten Pasaman Barat. Senin ini(28/4) bakal melakukan aksi demo ke Kantor KPU Pasaman Barat. Aksi ini terkait dengan tuntutan mereka kepada KPU untuk menggelar pemilu ulang di kabupaten tersebut.

Koalisi lintas partai ini terdiri dari tujuh partai yaitu, Nasdem, PPP, PKB, PBB, PAN, Golkar, dan PKPI.

Ketua Lintas Partai Syafrizal Mandayu mengatakan, tuntutan mereka menyangkut pelanggaran-pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu di Pasaman Barat. Pelanggaran terjadi di setiap tingkatan, mulai dari TPS, PPS, hingga PPK.

Syafrizal sendiri mengaku, mereka sudah melaporkan semua pelanggaran itu ke Bawaslu. Namun belum ada tindak lanjutnya.

Dalam laporan ini terdapat 10 poin yang disampaikan. Dimulai dari formulir C1 yang tidak diberikan ke saksi, dugaan C1, DA dan D1 direkayasa penyelenggara, tidak ada berita acara di tiap tingkatan dalam peng­hitungan suara, surat undangan memilih (formulir C6) diberikan lebih dari satu lembar kepada satu pemilih, dugaan penggelembungan jumlah pemilih, pencoblosan tanpa dihadiri saksi dan pengawas, serta pembukaan kotak suara tanpa dihadiri saksi dan pengawas di daerah Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman.

Kemudian, KPU Pasbar juga dinilai melakukan tindakan arogansi menolak rekomendasi yang diberikan Panwascam dan Panwaslu Kabupaten Pasbar. Ketua KPUD Pasaman Barat melakukan tindakan arogansi dengan mencoret keberatan (CB 2) yang disampaikan oleh saksi partai politik.

“Dan terakhir ditemukan surat suara di Kantor Wali Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman di dalam karung sebanyak 129 lembar. Bukti ini sudah diserahkan ke Panwaslu Kabupaten Pasbar,” imbuh Syafrizal.

Ketua KPU Pasbar Syafrinaldi menyatakan belum dapat kabar kalau ada dari beberapa partai peserta pemilu di Pasbar yang akan mendemo pihaknya. (tim/zamrudtv.com)